Senin, 10 Februari 2014

PENTINGNYA QONA'AH

     Ada sebuah ungkapan, bahwa seluruh dunia ini tidak akan cukup memenuhi keinginan satu orang manusia, akan tetapi cukup memenuhi kebutuhan semua orang yang menghuni bumi ini. Ungkapan tersebut benar adanya, mengingat manusia secara fitrahnya mempunyai hasrat, memiliki akal dan nafsu. setiap manusia mempunyai banyak keinginan, Jika sudah terpenuhi keinginan yang satu timbul lagi keinginan yang dua, tiga dan seterusnya. ketika keinginan untuk mempunyai sepeda terpenuhi, timbul lagi keinginan untuk mempunyai mobil, kemudian kapal pesiar, lalu pesawat jet, setelah terpenuhi muncul lagi keinginan untuk memiliki pulau dan seterusnya. walaupun semua hal yang ada dimuka bumi ini, seluruh dunia ada dalam genggamannya pasti muncul dan timbul keinginan yang lain meskipun keinginannya sangat mustahil. itulah sifat dasar manusia.
      Apabila sifat dasar tersebut dituruti terus menerus tidak akan pernah merasa terpuaskan. yang mampu memuaskan adalah hati kita sendiri. Maka sangat penting bagi manusia untuk memiliki sifat QONA'AH.
      Pengertian Qona'ah, secara bahasa qona'ah artinya merasa cukup. Sedangkan secara istilah qona'ah artinya merasa cukup atas pemberian dari Allah SWT, setelah berusaha dan berdo'a. qona'ah juga diartikan sebagai sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas dan perasaan kurang.
      Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW dari Abdullah Bin Umar yang diriwayatkan oleh Muslim yang artinya : "Sungguh beruntung orang-orang yang masuk Islam, mendapat rizki secukupnya, dan ia merasa cukup dengan apa yang telah Allah berikan kepadanya."
       Orang-orang yang memiliki sifat Qona'ah akan merasakan ketentraman hidup dan menjauhkan diri dari sifat tamak dan serakah.
       Sifat Qona'ah sangat penting bagi kehidupan, qona'ah juga bisa dijadikan sifat dasar bagi seseorang dalam mengarungi kehidupan. agar kehidupannya lebih damai dan tentram. Qona'ah juga sangat dibutuhkan pada zaman ini, karena pada zaman sekarang kehidupan dunia lebih berwarna, banyak suguhan-suguhan dunia yang menggiurkan. Ditunjang dengan semakin berkembangnya sistem kapitalis dalam segala bidang. semua hal diukur dengan materi. Sikap konsumtif dan hedonis sudah mulai menjadi gaya hidup seseorang.
Tidak sedikit kejadian yang memiris hati akibat berebutan materi. Tidak sedikit perilaku menyimpang dan kejahatan terjadi mulai dari menjual diri hingga korupsi, Semua disebabkan karena merasa kurang dan kurang dengan apa yang sudah dimiliki.
       Qona'ah bisa berfungsi sebagai stabilisator dan dinamisator hidup seseorang. Artinya seseorang yang memiliki sifat qona'ah akan selalu berlapang dada, merasa puas, berhati tentram, merasa kaya dan berkecukupan serta bebas dari keserakahan. Karena pada hakekatnya kekayaan atau kemiskinan seseorang itu terletak pada hati, bukan pada harta/ materi yang dimilikinya. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Bukhori Muslim, yang artinya : " Bukanlah kekayaan itu karena banyaknya harta, akan tetapi kekayaan itu adalah kekayaan jiwa."
         Dan agar qona'ah menjadi bagian dari pribadi seseorang, maka yang dilakukan adalah :
1. Mensyukuri semua nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada kita
2. Menyadari bahwa apa yang kita miliki adalah amanah dari Allah SWT
3. Senantiasa berusaha dan berdo'a serta tawakkal kepada Allah SWT
4. Selalu berpikir positif
5. Tidak melihat kepada orang yang lebih kaya, lebih besar lebih tinggi dari kita tapi lihatlah dibawah kita
6. Jodoh, Rizki Mati adalah qadha' dan qadarnya Allah SWT

Intinya : Kaya Harta Bukanlah Utama, Tapi Kaya Hati adalah Segalanya.

Wallahu A'lam bishshowaab.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar